Hardware dan Software Komputer beserta Fungsi dan Contohnya

OKEZONE - Pengertian Hardware dan Software Komputer beserta Fungsi dan Contohnya- Komputer menjadi salah satu alat elektronik yang paling di butuhkan di jaman modern ini, Kenapa bisa demikian, Karna fungsi komputer yang benar-benar luar biasa, bayangkan hanya dengan satu perangkat elektronik kita bisa melakukan banyak hal, seperti mendengarkan music, memutar video, melakukan proses editing, olah hurus, olah kata dan masih banyak lagi yang bisa kita kerjakan menggunakan komputer. Oleh karna itu komputer sekarang sudah menjadi suati keharus seseorang untuk memilikinya, Namun seperti yang kita tahu pada umumnya masyrakat hanya menjadi pengguna murni komputer dalam artian tidak tahu menau mengenai komponen-komponen ataupun perangkat yang menunjang komputer untuk bisa di operasikan, sebagai pengguna tentunya kita wajib mengetahui lebih jauh mengenai apa saja tentang komputer itu, agar mempermudah kita dalah hal penggunaan maupun perawatan, Berikut orangbejo.com akan membahas mengenai hardware dan software secara lengkap.


Pengertian Hardware komputer

Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer,  Identitas yang membedakan hardware adalah data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Pengertian Software komputer

Sofware  atau dalam bahasa indonesia biasa di sebut perangkat lunak adalah perangkat yang berupa aplikasi (program) yang di buat oleh programeryang dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah. Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware perangkat keras untuk di fungsikan sebagai mana fungsinya.

Fungsi Hardware dan Software Komputer

Terlepas adanya perbedaan yang mencolok antara software dan hardware 2 jenis perangkat ini ternyata memiki fungsi masing-masing, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya.

Fungsi Hardware
  1. Sebagai media pemberi masukan data (eksekutor).
  2. Hardware berfungsi sebagai pengolah data.
  3. Hardware juga mempunya fungsi sebagai penampil inputan dari subuah proses.

Fungsi Software
  1. Software berfungsi sebagai sistem operasi atau sistem pendukung.
  2. Software berfungsi untuk mengatur (mengontrol) hardware.
  3. Sofware juga berfungsi sebagai penerjemah setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh hardware. 

Contoh Harware dan Sofware  komputer sebagai berikut :

Contoh perangkat keras ( Hardware)
  1. CPU -  sebagai unit pengolah data.
  2. RAM - tempat penyimpanan data sementara.
  3. Hard drive - media penyimpanan data semi permanen.
  4. Mouse + keyboard - Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU.
  5. Monitor - Sebagai alat penampil output (keluaran) yang di hasilkan oleh CPU.
  6. Speaker - Sebagai alat penampil output (keluaran) berupa suara yang di hasilkan oleh CPU.
Contoh Perangkat lunak ( Software )
  1. Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung dll.
  2. Sistem operasi (operating system) misalnya windows dan Linux.
  3. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  4. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]
  5. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.
  6. Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
  7. Perangkat lunak gratis (freeware)
  8. Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)
  9. Perangkat lunak perusak (malware) Refrensi : https://id.wikipedia.org/
Bagaimana sobat, sudah lebih tahu bukan tentang Hardware dan Software perangkat komputer yang sobat pakai setiap hari, Setelah sobat tahu saya berharap agar semuanya dapat mempermudah sobat dalah hal penggunaan maupun perawatan komputer sobat.

Demikian artikel saya mengenai Pengertian Hardware dan Software Komputer beserta Fungsi dan Contohnya, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)



Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar