Toleransi Beserta Contoh dan Manfaatnya

OKEZONE - Pengertian Toleransi Beserta Contoh dan Manfaatnya Lengkap- Selamat datang kembali di orangbejo.com, Berbicara mengenai toleransi, sebagai masyarakat yang tinggal di negara besar seperti indonesia yang di dalamnya terdapat beraneka ragam suku, budaya, etnis bahkan agama tentu sikap toleransi sangat di butuhkan satu sama lain, Karna dengan sikap toleransi perbedaan yang ada menjadi samar terlihat dalam arti saling menganggap kalau semua rakyat indonesia itu satu, satu bangsa, satu tujuan, dan satu negara membawa nama INDONESIA.

Gambar Ilustrasi Toleransi



Berikut ini orangbejo.com akan membahas tentang toleransi, Mengenai pengertian toleransi, apa saja contohnya dan apa manfaatnya bagi kehidupan kita, berikut penjelasan lengkapnya :


Pengertian Toleransi 

Toleransi berasal dari bahasa Latin yaitu  "tolerare" artinya menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Sikap toleran tidak berarti membenarkan pandangan yang dibiarkan itu, tetapi mengakui kebebasan serta hak-hak asasi para penganutnya.

Jadi secara umum toreansi adalah sikap yang membebaskan (membiarkan) orang lain utuk berpendapat ataupun melakukan hal yang tidak satu ide (sependapat) dengan diri kita, tanpa kita melakukan intimidasi terhadap orang ataupun kelompok tersebut.

Contoh Toleransi

  • Toleransi Beragama
Toleransi agama adalah dimana penganut mayoritas dalam suatu masyarakat menghormati keberadaan agama atau kepercayaan lainnya yang berbeda. Jadi, kita harus  memberikan kenyamanan mereka dalam melaksanakan ibadahnya, tanpa ada menggangu atau mengintimidasi agama yang berbeda.

  • Torensi Sosial
Adalah toleransidalam bermasyarakat, seperti jika di dalam sebuah daerah terdapat dua kelompok, satu kelompok mayoritas dan satunya lagi kelompok minoritas, Jadi sebagai kelompok mayoritas wajib menghargai dan tidak melakukan intimidasi terhadap kelompok minoritas.

Manfaat Toleransi

Toleransi adalah suatu sikap yang mulia, dengan kita melakukan tolerasi berarti kita sudah menghargai HAM sesorang. dan tentunya kita akan mendapatkan manfaat positif dari sikap toleransi, Berikut manfaat toleransi yang telah orangbejo.com rangkum.

  1. Kedamaian, Tidak akan pernah ada konflik di dalam kehidupan bermayarakat
  2. Keharmonisan dalam hubungan beragama, suku, budaya selalu terjaga
  3. Hidup bermasyarakat akan selalu tentram tanpa ada perasaan was-was.

Bagaimana sobat, sudah lebih paham mengenai Toleransi, tentu kita sabagai warga negara yang baik kita harus menanamkan sikap toleransi untuk kemajuan bangsa dan negara kita tercinta.

Demikian artikel mengenai Pengertian Toleransi Beserta Contoh dan Manfaatnya Lengkap, Semoga bernfaat bagi para pembaca orangbejo.com, Terima Kasih :)

    Subscribe for latest Apps and Games


    0 komentar:

    Posting Komentar