Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

OKEZONE -  Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap- Istilah Globalisasi mungkin ahir-ahir ini semakin santer terdengar, Diantara kita pasti bertanya-tanya apa itu globalisasi, apa dampaknya bagi kita dan lain sebagainya. Berikut orangbejo.com telah merangkumnya untuk anda.

Pengertian Globalisasi sacara umum adalah proses integrasi internasional, globalisasi terjadi di karnakan adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek lainya. Berkembangnya Internet beserta kemajuan di bidang infrastruktur transportasi merupakan faktor dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya. Namun ternyata masih ada definisi atau pengertian Globalisasi menurut para ahli, Berikut 15 pengertian Globalisasi menurut para ahli.

pengertian globalisasi
Gambar Ilustrasi Globalisasi

Pengertian Globalisasi menurut para ahli :

1.Globalisasi adalah suatu proses dengan mana kejadian, keputusan, dan kegiatan adalah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah jauh.(John Huckle)

2.Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab,kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.( Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan)

3.Globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampa dibatasi oleh wilayah.(Achmad Suparman)

4.Globalisasi memiliki dimensi idiology dan tekhnologi. Dimensi tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi tekhnologi adalah tekhnologi informasi yang telah menyatukan dunia.(Thomas L. Friedman)

5.Globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang- orang dari negara-negara lain.(Bank Dunia )

6.Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.(Malcom Waters)

7.Karakteristik globalisasi adalah kecebderungan menyatunya internasionalisasi produksi, pembagian kerja internasional yang baru, perpindahan penduduk dari selatan ke utara lingkungan kompetitif baru yang mempercepat proses itu dan internasionalisasi negara, membuat negara sebagai agen globalisasi baru.(Robert Cox)

8.Globalisasi mengacu pada keseberagaman hubungan dan saling keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.(A.G. Mc Grew )

9.Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.(Emanuel Ritcher)

10.Globalisasi sebagai ‘intensifikasi hubungan sosial seluruh dunia yang menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya.(Anthony Giddens)

11.Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.(Martin Albrown)

12.Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.( Princenton N. Lyman)

13.Globalisasi adalah percepatan dan intensifikasiinteraksi dan integrasiantara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari negarayang berbeda.( Laurence E. RothenbergGlobalisasi)

14.Globalisasi adalah  meningkatnya hubungan internasional.Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.(ScholteGlobalisasi)

15.Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.(Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan)

16. Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasidan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalahuntuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB, OKI Jadi Globalisasi merupakan kecenderungan masyarakat di kota-kota untuk menyatu dengan dunia, terutama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pariwisata dan komunikasi.(Selo Soemardjan)

17.Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.(Malcom Waters )

18.Globalisasi sebagai 'intensifikasi hubungan sosial seluruh dunia yang menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya.( Anthony Giddens )

19.Globalisasi sebagai zaman transformasi sosial.(PeterDrucker)

20.Globalisasi di tunjukan dengan meningkatnya kesalingtergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang di tandai meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.(International Monetary Found )

21.Globalisasi mempunyai dua pengertian: pertama, sebagai deskripsi/definisi, yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar runggal; kedua, sebagai "obat kuat" yang menjadikan ekonomi lebih efisien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.(Prof. Dr. Mubyarto )

22.Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesalingtergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20.( R. Robertson )

Demikian artikel mengenai 22 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)


Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Poskan Komentar