Tutorial Photoshop Retouch Foto Fashion Untuk Pemula

OKEZONE - Tutorial Photoshop Retouch Foto Fashion Untuk Pemula- Hai guys, Selamat datang lagi di orangbejo.com, Kali ini saya akan membuat artikel tentang tutorial photoshop untuk yang kesekian kalinya yang saya beri judul  Tutorial Photoshop Ritouch Foto Fashion Untuk Pemula, Seperti yang kita tahu foto fashion yang biasanya kita temui di majalah-majalah ataupun sampul surat kabar kebanyakan dari nya indentik mempunyai efek kabut putih atau identik dengan efek Softnya. Di dalam photoshop banyak sekali terdapat tehnik-tehnik untuk mendapatkan efek yang saya sebutkan di atas, Namun kali ini saya akan menampilkan cara yang sangat sederhana untuk mendapatkan foto fashion agar mudah untuk di pahami. Langsung saja kita eksekusi guys....

1. Kita siapkan dulu foto yang akan kita edit lalu masukan kedalam photoshop yang telah ter instal di PC sobat masing-masing. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal usahakan menggunakan foto dengan kualitas baik, di sini saya menggunakan foto hasil jepretan saya sendiri menggunakan Kamera Dslr Canon dengan lensa fix Youngnuo 50mm f/1.8.


2. Langkah berikutnya adalah kita duplikat layer background menjadi tiga, caranya sangat mudah sobat tingal tekat "CTRL + J" sebanyak tiga kali sampai layer berubah menjadi tiga seperti gambar di bawah ini, Duplikat layer ini berfungsi untuk mempertajam foto yang kita edit.


3. Selanjutnya sobat pilih tools yang ada di pojok kanan, seperti yang saya beri tanda lingkar merah, Klik tools tersebut selanjutnya akan muncul beberapa pilihan.


4. Setelah sobat lakukan langkah di no 3 maka sobat pilih "Flatten Image" seperti gambar di bawah ini untuk menggabungkan semua layer duplikat menjadi satu layer kembali.

5.Langkah berikutnya adalah sobat pilih tools yang saya beri tanda panah merah, selanjutnya sobat pilih "Curve" maka akan muncul jendela curve, yang  perlu sobat lakukan selanjutnya adalah setting curve seperti setingan saya yang di beri tanda lingkar merah seperti gambar di bawah ini. langkah ini berfungsi untuk menggelapkan bagian belakang obyek (model).


6.Selanjutnya sobat pilih "Curve" kembali untuk membuat afek kabut.


7. Setelah jendela curve muncul lalu seting curve seperti gambar di bawah ini yang saya beri tanda lingkar merah, Caranya sangat mudah sobat tinggal klik dan drake ke atas. maka akan terlihat efek kabut putih di dalam foto yang kita edit.


8. Selanjutnya pilih kembali tools "Creat new fill or adjustment layer" lalu pilih "Solid Color" Seperti gambar di bawah ini.


9. Lalu sobat harus melakukan seting solid color sesuai dengan gambar di bawah ini, saya pilih warna biru tua, setelah selesai lalu pilih "OK"


10. Setelah layer "Solid Color" jadi, langkah berikutnya adalah sobat rubah "Blending mode" Layer solid color dari "Normal" menjadi "Exclusion". Dengan memilih blending mode exclusion maka daerah yang gelap pada foto atau yang biasa di sebut "Shadows" akan berkarakter biru sedangkan untuk warna terang pada foto akan berkarakter kuning.


11. Selanjutnya kita akan membuat efek bingkai gelap pada foto agar obyek (model) pada foto terlihat menonjol, Langkah nya adalah sobat membuat layer baru dengan cara pilih tools "new layer" seperti yang saya beri tanda lingkar merah, sambil sobat menekan tombol "ALT" pada keyboard, maka akan muncul jendela layer seperti gambar di bawah ini.


12. Selanjutnya sobat pilih modenya menjadi "Overlay" dan centang "Fill" nya sepeti gambar di bawah ini, setelah selesai pilih "OK"


13. Langkah selanjutnya sobat pilih "Filter >> Lens Corection" seperti gambar di bawah ini.


14.Selanjutnya akan muncul jendela baru, Lalu sobat pilih "Custom" dan seting "Amount" seperti gambar di bawah  untuk memberi efek hitam pada pinggir foto, setelah di rasa cukup lalu pilih "OK".


15.  Langkah terahir yang harus sobat lakukan adalah memindahkan layer bingkai hitam menjadi di posisi tepat di atas layer "Curve 1" Seperti gambar di bawah, Ini berfungsi untuk membuat efek yang di hasilkan terlihat halus/natular. selanjutnya sobat tinggal menyimpan foto hasil editing retouch fashion  sobat dan SELESAI... 


Kita bisa bandingkang efek editing yang telah kita lakukan di atas sebelum dan sesudahnya, di bawah ini......

Bagaimana sobat tampat berbeda bukan, Di sisi kanan setelah di lakukan proses editing di atas foto menjadi lebih soft dan memiliki efek kabut seperti yang kita harapkan :)

Demikian artikel mengenai Tutorial Photoshop Retouch Foto Fashion Untuk Pemula, Semoga bermanfaat bagi pembaca orangbejo.com, Terima kasih :)



Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar