Bolehkah Juri Bawa Burung Sendiri & Dinilai Saat Dia Bertugas?


Bang Oke beberapa waktu lalu menemukan insiden yang menuai polemik didunia perburungan, salah satunya adalah seorang JURI membawa burung sendiri, lalu burung tersebut digantangkan oleh teman atau jokinya, Bang Oke kurang paham, tapi Bang Oke melihat itu adalah burung dia.

Nah, dari sini Bang Oke sedikit geram dengan banyaknya asumsi Kicau Mania yang memiliki pemahaman yang berbeda dan justru membuat sebuah isu yang hangat diperbincangkan. Maka dari itu Bang Oke mau angkat bicara masalah ini.

Pertama tama kita harus sadari bahwa kita hidup dan tinggal di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan asas DEMOKRASI, yang artinya bebas saja seorang JURI menggantangkan burungnya sendiri, toh Presiden kita berhak memilih dirinya sendiri saat pemilihan umum.

Ups... tapi, ada TAPInya nih, jadi jangan langsung bilang boleh aja, baca dulu sampe akhir gaes. Boleh seorang JURI membawa burung saat dia bertugas, asal seorang JURI harus memiliki ketegasan, dimana JURI dituntut untuk menilai burung sesuai PAKEM yang sudah mereka sepakati bersama, baik itu durasi kerja, irama lagu, gaya, dan lainya.

Nah, dari sini lah kita bisa melihat, membandingkan, dan menelaah. Mana seorang JURI yang TEGAS dan mana seorang JURI MALAS, mungkin kalau Bang Oke sedikit bercuap cuap :
"KETEGASAN JURI DAPAT DILIHAT SAAT BURUNGNYA MENGIKUTI LOMBA DENGAN BURUNG LAINYA, DAN DIA SEBAGAI PENGADIL"

Nah, kita tinggal lihat, banding-banding, dan kita bisa tunggu hasil juri, apakah juri tersebut TEPAT, AKURAT dan TRANSPARAN? atau justru menguntungkan dirinya sendiri? kalau selalu menguntungkan dirinya sendiri, Bang Oke harap kalian tahan emosi :v pasti kalian bakal update status alay :v

TRUS kalau PEMILIK GANTANGAN? ya sama saja dengan kasus juri, cuma bedanya sedikit kok, bedanya hanya tugas saja, kalau JURI menjadi hakim, kalau EO cuma menjadi penyelenggara.

SOLUSI UTAMA dari sebuah polemik ini, menurut Bang Oke sendiri, JURI/EO harap tidak menurunkan burung saat dia bertugas, pasalnya kalau mengikuti dan sampai ketahuan peserta lainnya, pasti bakal rame distatus Kicau Mania Alay yang terkadang membuat profokasi adanya perpecahan antar gantangan.

Mungkin itu yang bisa Bang Oke bahas dan ulas pada kesempatan kali ini, tunggu ulasan lainnya ya gaes.... sampurasun....

No comments

Theme images by Ollustrator. Powered by Blogger.